Sinopsis Solo : A Star Wars Story (2018) Kisah Petualangan Han Solo Muda

Sinopsis Solo : A Star Wars Story (2018)

Sinopsis Solo : A Star Wars Story (2018) – Solo: A Star Wars Story atau dapat singkat saja, Solo adalah sebuah film yang berfokus pada karakter Han Solo dalam semesta Star Wars. Film ini menjadi spin-off kedua dari semesta Star Wars setelah film Rogue One yang tayang pada 2016 lalu. Proses pengembangan film dimulai sejak Februari 2013, CEO Disney Bob Iger menginformasikan bahwa pihaknya sedang mengembangkan 2 film dengan tema Star Wars namun bukan film Star Wars utama.

Lawrence Kasadan dan Simon Kinberg diberi tanggung jawab untuk menulis kedua film tersebut secara terpisah. Tidak lama kemudian terdengar kabar bahwa kedua film Star Wars itu akan mengisahkan Han Solo dan Boba Fett, Disney CFO Jay Rasulo menggambarkan bahwa kedua film tersebut memiliki cerita original sendiri.

Produser Kathleen Kennedy menjelaskan bahwa kedua film ini tidak akan berkaitan secara langsung dengan trolgy baru dari semesta Star Wars, yakni episode VII, VIII dan IX. Kemudian pada April 2015, Lucasfilm dan Kennedy mengumumkan bahwa film – film yang terpisah dari saga utama Star Wars seperti film Solo ini akan dinamakan seri Star Wars Anthology.

Lalu pada Juli 2015, Lucasfilm mengumukan bahwa film ‘Anthology’ akan berfokus pada Han Solo muda yang kala itu menjadi penyelundup, pencuri dan bandit yang Luke Skywalker dan Obi-Wan Kenobi pertama temui di Mos Eisley akan dirilis pada 25 Mei 2018. Proyek film ini disutradarai oleh Phil Lord dan Christopher Miller dengan skrip yang ditulis oleh Lawrence Kasdan dan Jon Kasdan.

Setelah lama belum diberi judul resmi, akhirnya sang direktur Ron Howard mengkonfirmasi bahwa film ini akan berjudul Solo: A Star Wars Story pada 17 Oktober 2017. Pengumuman itu juga bertepatan dengan berakhirnya proses syuting yang berlangsung selama kurang lebih 9 bulan, namun reaksi beragam sudah ditunjukkan fans Star Wars terkait pada judul film yang terkesan terlalu singkat dan payah.

Pada Januri 2016, proses casting berlangsung dengan beberapa nama terkenal yang masuk di dalamnya seperti Miles Teller, Dave Franco, Jack Reynor dan lain – lain. Namun pada Mei 2016 dikabarkan bahwa Alden Ehrenreich akan memerankan peran sebagai Han Solo muda dan hal itu terkonfirmasi 2 bulan setelahnya pada ajang ‘Star Wars Celebration: Celebration Europe III’.

Kemudian pada Oktober, Donald Glover yang bersinar karena perannya di serial TV Atlanta dikonfirmasi akan memerankan Lando Calrissian muda. Sebulan setelahnya, bintang Game of Thrones, Emilia Clarke dikonfirmasi menjadi pemeran wanita utama dalam film.

Proses syuting berlangsung mulai 30 Januari 2017 di Pinewood Studios kemudian pada Mei 2017, lokasi syuting berpindah ke pulai Canary. Pada saat itu juga Lucasfilm menghadirkan seorang pelatih akting untuk Ehrenreich, karena mereka tidak senang dengan performanya sejauh proses syuting berlangsung.

Pada 20 Juni 2017, Lucasfilm mengumukan bahwa pihaknya sudah berpisah dengan dua sutradara Lord dan Miller dan akan mengumumkan sutradara yang baru dengan segera. Lucasfilm mengambil langkah tersebut karena Kennedy dan Kasdan tidak setuju dengan gaya sutradara mereka.

Lord dan Miller percaya bahwa mereka dipekerjakan untuk membuat film komedi, namun Lucasfilm menginginkan keduanya untuk hanya menambahkan sentuhan komedi ke dalam film fantasi luar angkasa, bukan membuat komedi seutuhnya.

Lucasfilm juga merasa bahwa keduanya telah melenceng terlalu jauh dari skrip yang dibuat oleh duo Kasdan. Lawrence Kasdan dengan tegas menolak bagaimana cara mereka menyutradarai film dari skripnya, karena beragam adegan tidak direkam kata perkata namun ditambahkan dengan beberapa adegan yang tidak ada di skrip sehingga ia merasa bahwa skrip yang ia buat menjadi kacau.

Tidak hanya pihak Lucasfilm yang merasa kecewa, sebenarnya duo sutradara Lord dan Miller juga merasa demikian.

Sinopsis Solo : A Star Wars Story (2018)

Alden Ehrenreich sebagai Han Solo muda

Hal itu disebabkan oleh pihak Lucasfilm yang mendatangkan Lawrence Kasdan ke lokasi syuting yang berada di London, Lord dan Miller merasa bahwa kehadiran Kasdan disana seperti menjadi ‘sutradara bayangan’. Kemudian tidak lama kemudian, kedua belah pihak akhirnya sepakat berpisah dan proses syuting ditunda hingga beberapa pekan.

Namun tidak lama berselang, Ron Howard diumumkan menjafi sutradara pengganti dan akan menjalani tugasnya untuk melakukan proses syuting selama 3.5 minggu sesuai dengan jadwal, kemudian 5 minggu untuk melakukan proses syuting ulang.

Dalam pengumumannya sebagai sutradara, Howard mengakatakan bahwa ia sangat bersyukur dapat ikut andil dalam semesta Star Wars dan ia berharap akan kesuksesan film Han Solo yang akan ia nahkodai ini.

Namun pada saat syuting ulang berlangsung, salah satu aktor dalam film yakni Williams tidak mengikutinya disebabkan jadwal yang bertubrukan dengan proses syuting The Red Sea Diving Resort, sehingga pihak Lucasfilm memutuskan bahwa bagian ia dalam film akan dipotong karena pihak produser tidak ingin menunggu Williams sampai November 2017.

Hal itu karena pihak Lucasfilm ingin tetap mempertahankan jadwal tayang film yang diumumkan akan tayang pada 25 Mei 2018.

Sinopsis Solo : A Star Wars Story (2018)

Cerita film akan berfokus pada Han Solo yang dulu masih muda dan masih menjadi pencuri, seorang bandit dan penyelundup yang kemudian bertemu dengan Obi-Wan Kenobi dan Luke Skywalker di Mos Eisley pada film Star Wars yang tayang tahun 1977.

Petualangan Han Solo ini juga akan ditemani dengan partner Wookienya, Chewbacca dan juga tidak ketinggalan Lando Calrissian.

Detail Solo : A Star Wars Story (2018)

  • Judul : Solo: A Star Wars Story
  • Produser : Kathleen Kennedy, Simon Emanuel dan Allison Shearmur
  • Sutradara : Phil Lord dan Christopher Miller (original), Ron Howard (pengganti)
  • Screenplay : Lawrence Kasdan dan Jon Kasdan
  • Berdasarkan oleh : Karakter Star Wars karya George Lucas
  • Musik : John Powell
  • Cinematografi : Bradford Young
  • Rumah Produksi : Lucasfilm Ltd.
  • Distributor : Walt Disney Studios Motion Pictures
  • Tanggal Tayang : 25 Mei 2018

Pemain Solo : A Star Wars Story (2018)

Aktor/Aktris Peran
Emilia Clarke Kira
Paul Bettany
Woody Harrelson Beckett
Donald Glover Lando Calrissian
Alden Ehrenreich Han Solo
Thandie Newton
Warwick Davis
Clint Howard
Phoebe Waller-Bridge
Joonas Suotamo Chewbacca
Richard Dixon Elite Citizen
Deepak Anand Sheesha Smoking Guest
Ian Kenny
Sarah-Stephanie Dancer
Douglas Robson
Sinopsis Solo : A Star Wars Story (2018) Kisah Petualangan Han Solo Muda | brokly | 4.5
error: Content is protected !!