Sinopsis Film Mata Dewa (2018) Dunia Bola Basket dalam Layar Bioskop

Sinopsis Film Mata Dewa (2018) Dunia Bola Basket dalam Layar Bioskop

Sinopsis Film Mata Dewa (2018) – Tema olahraga memang menjadi salah satu tema yang jarang dibuat menjadi film oleh para sineas Indonesia, tercatat hanya ada beberapa film di masa lalu yang mengangkat tema olahraga. Diantaranya adalah Garuda di Dadaku, Cahaya dari Timur, King dan 3 Srikandi.

Film – film diatas kebanyakan bertema olahraga sepakbola dan bulu tangkis, sehingga film Mata Dewa ini akan menjadi film bertema olahraga pertama yang memakai tema bola basket. Menariknya lagi, cerita dalam film Mata Dewa terinspirasi dari kisah nyata, yakni kisah dari Henry Cornelius Lakay, pemain asal SMA John XXIII Merauke yang tampil pada edisi Honda DBL Papua Series tahun 2015.

Film Mata Dewa ini disutradarai oleh Andi Bachtiar Yusuf yang sebelumnya pernah menangani berbagai film seperti Romeo Juliet, Hari Ini Pasti Menang, Garuda 19 dan The Jak. Terlihat dari beberapa karya yang dibuatnya, ia sudah fokus pada tema olahraga, terutama sepakbola sehingga tema bola basket ini akan menjadi yang pertama baginya.

Dalam suatu kesempatan ia mengatakan bahwa film Mata Dewa ini tidak hanya ditujukan pada kalangan anak basket, namun semua anak – anak muda dari jenjang SMP maupun SMA atau bahkan orang dewasa pun tetap layak menonton.

Sedangkan dari sisi aktor, ada nama Kenny Austin yang terkenal saat menjadi juara kedua pada ajang L-Men of The Year 2014 dan mewakili Indonesia dalam ajang Mister International 2015 dimana ia berhasil menembus babak 10 besar.

Namun sebelum terkenal menjadi juara kedua dalam ajang L-Men of The Year, ia sebelumnya juga dikenal sebagai seorang atlit bola basket, beberapa prestasi yang berhasil didapatkannya antara lain adalah Juara 1 Basket PKMI Cup se-Sumatera Utara 2010, Juara 2 Basket Libala Yamaha 2010, Juara 1 Basket Nomensen Cup 2010, Juara 1 Basket ISTP Cup 2010 dan beragam gelar juara lainnya.

Karirnya di dunia akting pun baru dimulai pada tahun 2017 lalu dengan membintangi beberapa FTV, seperti Kalau Lupa Jangan Cinta, Kucing Garong v Kucing Dapur, Antara Pizza dan Cinta, Bahu Jalan Hanya untuk Kamu dan Mantan yang Tak Diundang.

Nama – nama lain yang bergabung dalam film Mata Dewa ini kebanyakan adalah para pemain DBL seperti Nuke Tri Saputra (DBL All Star 2012), Rivaldo Tandra Pangestio (DBL All Star 2012 dan 2013) dan Abram Nathan (DBL All Star 2015).

Sang produser, Avisena mengutarakan bahwa pihaknya secara sengaja memilih pemain yang mempunyai latar belakang pemain bola basket karena pihaknya merasa bahwa film Mata Dewa ini akan bersentuhan langsung dengan DBL sehingga pihaknya ingin para pemain juga pernah terlibat langsung dengan DBL, entah itu sebagai pemain, pelatih ataupun suporter.

Film Mata Dewa juga didukung langsung oleh Commissioner DBL Indonesia, Azrul Ananda yang mengatakan bahwa ada jutaan orang yang terlibat dalam pertandingan DBL sehingga bakal ada jutaan cerita yang tersemat, ia pun berharap bahwa film ini dapat mempresentasikan jutaan cerita tersebut.

Selain itu, Azrul juga direncanakan tampil sebagai cameo dalam film ini. Film Mata Dewa sendiri sudah menentukan tanggal rilisnya, yakni direncanakan untuk tayang pada tanggal 8 Maret 2018 di bioskop – bioskop tanah air.

Sinopsis Film Mata Dewa (2018)

Seperti sudah saya sebutkan diatas, cerita film Mata Dewa merupakan adaptasi dari kisah nyata dari pengalaman seorang pemain bola basket bernama Hendry Cornelius Lakay yang bermain untuk SMA John XXIII Merauke pada edisi Honda DBL Papua Series tahun 2015.

Sebuah kecelakaan terjadi kepadanya pada saat duduk di kelas 3 SD, akibat kecelakaan tersebut, ia kehilangan penglihatan mata kirinya. Namun berkat dukungan keluarganya, terutama sang ibu, ia tidak menyerah pada nasibnya. Bahkan ia juga terpilih sebagai salah satu pemain terbaik utnuk masuk di skuat DBL All-Star tahun 2015 lalu.

Sinopsis Film Mata Dewa (2018) Dunia Bola Basket dalam Layar Bioskop

Poster film Mata Dewa

Sedangkan untuk versi filmnya sendiri, cerita Mata Dewa berfokus pada Dewa yang diperankan oleh Kenny Agustin tinggal bersama dengan pamannya yang diperankan oleh Dodit Mulyanto di sebuah rumah susun.

Dewa ini memiliki hobi bermain bola basket dan berkeinginan untuk membawa sekolahnya, yakni SMA Wijaya menjadi juara dalam DBL (Development Basketball League) untuk kali pertama.

Akhirnya, Dewa dan rekan setimnya pun terjun ke turnamen DBL, akan tetapi permainan Dewa dianggap terlalu egois. Bahkan pada suatu kesempatan, Dewa berselisih dengan rekan satu timnya, Bumi yang diperankan oleh Brandon Salim. Karena perselisihan itupun mengakibatkan tim bola basket SMA Wijaya gagal, dan hal itu membuat Dewa dan Bumi saling menyalahkan satu sama lain.

Kekalahan itupun membuat pihak sekolah mengultimatum tim basket serta pelatihnya agar dapat menggapai juara di musim selanjutnya atau akan dibubarkan. Musim selanjutnya pun bergulir, kali ini Bumi tidak dapat ikut dan hanya menjadi suporter di tribun.

Namun suatu hari Dewa mengalami musibah, yakni saat hendak menolong temannya dari aksi penjambretan. Akibat dari aksinya tersebut, Dewa harus kehilangan fungsi penglihatan pada mata kirinya karena menerima pukulan dari penjambret. Akibat hal itu pula Dewa merasa patah semangat dan putus asa.

Teman yang ditolongnya pun merasa bersalah karena Dewa menolongnya. Namun untungnya ia tinggal di dekat seorang petinju bernama Om Willy yang secara perlahan membantu mengembalikan rasa percaya diri Dewa.

Detail Film Mata Dewa (2018)

  • Judul : Mata Dewa
  • Produser : Avesina Soebli
  • Sutradara : Andi Bachtiar Yusuf
  • Penulis : Andi Bachtiar Yusuf dan Oka Aurora
  • Musik : –
  • Rumah Produksi : Shanaya Films, DBL Indonesia, Sinema Imaji
  • Distributor : Shanaya Films
  • Tanggal Tayang : 8 Maret 2018

Pemain Film Mata Dewa (2018)

Aktor / Aktris Peran
Kenny Austin Dewa
Brandon Nicholas Salim Bumi
Agatha Chelsea Bening
Nino Fernandez Coach Miko
Ariyo Wahab Om WIlly
Dodit Mulyanto Om Bowo
Valerie Tifanka Sitta
Augie Fantinus
Arief Alfiansyah
Imelda E. Budiman
Udjo
Yogi Nugraha
Evi Ekawati
Kemal Noerjamal
Erwin Suganda
Nobertus Simon
Nuke Tri Saputra
Abram Nathan
Rivaldo Tandra Pangestio
Azrul Ananda Azrul Ananda
Sinopsis Film Mata Dewa (2018) Dunia Bola Basket dalam Layar Bioskop | brokly | 4.5
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: